Ansor Bangil: Kita Bertekad Bentengi Ulama dan Jaga NKRI

Rembang, NU Bangil Online

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Bangil H. Sa’ad Muafi menyampaikan Ansor dan Banser selalu berniat membentengi ulama dan jaga NKRI. Ini disampaikan ketika memberi sambutan pada sesi penutupan Diklatsar GP Ansor Bangil di lapangan desa Kalisat, Rembang, kabupaten Pasuruan, Ahad siang (4/11).

“Hari ini kita berdiri di sini tidak lain untuk berkhidmat kepada Nahdlatul Ulama, untuk berniat membentengi ulama, dan untuk menjaga negara kesatuan republik Indonesia,” ucapnya, dan disambut tepukan dan sautan semangat dari dua ratusan peserta Diklatsar.

Ungkapan tersebut disampaikan pria yang juga anggota DPRD kabupaten Pasuruan ini sebagai bentuk kekesalan sekaligus jawaban atas stigma negatif, seperti pasukan bayaran, penjaga gereja dan lain-lain, yang kerap dialamatkan ke Ansor dan Banser.

Gus Muafi juga ungkapkan rasa haru dan bangga kepada panita dan peserta Diklatsar, meskipun tanpa bayaran dan beberapa hari meninggalkan keluarga, mereka rela dan ikhlas, demi terbentuknya kader Banser yang militan.

“Hari ini, yang ada di hadapan kita semua, tanpa bayaran sedikit pun. Mereka mencurahkan, meninggalkan istri, demi kader-kader militan,” tandasnya.

Gus Muafi pula bercerita soal peristiwa seorang anggota Banser yang ikut pelatihan di luar Jawa. Kondisi fisiknya lemah. Hanya punya kaki sebelah. Setelah Diklatsar selesai, dia sowan ke ketua PCNU di daerah tersebut. Dia melihat foto besar di dinding ruangan. Lalu, dia bertanya: “Ini foto yang besar siapa, Kiai?” Si ketua PCNU menjawab: “Beliau adalah KH. Hasyim Asy’ari pendiri NU”.

Tiba-tiba si banser terhenyak: “Kemarin pas saya ikut Diklatsar, beliau menemui saya dan memeluk saya”. Ia bercerita sambil menangis.

Cerita ini yang dijadikan landasan keyakinan Gus Muafi bahwa pada diklatsar Banser PCNU Bangil yang dihelat 3 hari di lapangan desa Kalisat, Rembang, kabupaten Pasuruan juga dihadiri dan disaksikan para Muassis NU.

“Saya yakin, bahwa di hadapan kita sekarang ini, para masyayikh NU hadir,” tambahnya. (tedj/bee)

Peserta Diklatsar berpose bersama (doc: NU Bangil Online)

LTNNU Bangil

LTN NU Bangil merupakan lembaga yang bertanggung jawab mempublikasikan kegiatan-kegiatan PCNU Bangil, mulai dari level kepengurusan cabang, lembaga, banom, wmc dan ranting.

Next Post

Puluhan Siswa Apresiasi Pameran Seni Rupa yang Digelar LESBUMI Bangil

Thu Nov 7 , 2019
Bangil, NU Bangil Online  Puluhan siswa Madrasah Aliyah Hasan Munadi Bangle, Beji, kabupaten Pasuruan datangi tempat pameran seni rupa yang digelar oleh Pengurus Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (LESBUMI NU) Bangil di White Gallery Pogar, Bangil, Rabu (6/11). Qomaruddin, salah satu siswa dari rombongan tersebut mengatakan, tujuan […]