Tanggapan Atas Polemik Catur

 

Tiba-tiba rame bahas catur haram? Saya malah gak tahu blas (sama sekali) kalau lagi rame pembahasan catur. Tapi biar kekinian tak ikut posting ah.

واللعب بالشطرنج بكسر أوله وفتحه معجما ومهملا مكروه إن لم يكن فيه شرط مال من الجانبين أو أحدهما أو تفويت صلاة ولو بنسيان بالاشتغال به أو لعب مع معتقد تحريمه وإلا فحرام ويحمل ما جاء في ذمه من الأحاديث والآثار على ما ذكر

Bermain catur hukumnya makruh bila tidak disertai salah satu ketentuan berikut :

1. Disertai dengan harta dari kedua pemain atau salah satunya (karena berarti judi)

2. Keasyikan bermainnya tidak sampai meninggalkan sholat meskipun karena meninggalkannya karena unsur lupa,

3. Tidak bermain bersama orang yang berkeyakinan mengharamkan catur tersebut

Bila ada salah satu ketentuan diatas maka bermain catur menjadi haram (Fath alMu’iin IV/285).

Yang membedakan catur dengan permainan dadu, hingga catur “hanya makruh” sedangkan permainan dadu haram, karena catur masih berbasis strategi/kemampuan otak, beda dengan dadu yang mengandalkan spekulasi semata (tp di seri film dewa judi/god of gamblers, mata dadu yg keluar bisa dikendalikan, eeee mboh).

karena catur berbasis pikiran/strategi, maka biasanya bikin pinter (meski bukan ahli catur pun kadang banyak yang pinter, apalg pinter mainin perasaan). sedangkan dadu yang hanya berbasis spekulasi bikin bodoh maksimal (sama juga diomelin istri bikin banyak suami govlok mendadak, makanya istri ngomelin suami itu haram karena bikin suami juga govlok mendadak, hahaha. Tp konon yang kuat diomelin istri dan tetep pintar bisa cepet jadi wali. eh….)

وفارق النرد الشطرنج حيث يكره إن خلا عن المال بأن معتمده الحساب الدقيق والفكر الصحيح ففيه تصحيح الفكر ونوع من التدبير ومعتمد النرد الحزر والتخمين المؤدي إلى غاية من السفاهة والحمق
(Hasyiyah jamal ‘alaa alMinhaj X/749)

Oh ya, konon salah satu alasan yang mengharamkan catur gara2 menyia2kan waktu. Hati-hati aja bagi para jomblo, bisa jadi jomblo juga haram karena menyia-nyiakan waktu dalam kesepian dan kesendirian. (Fatih el-Mufid)

LTNNU Bangil

https://www.nubangil.or.id

LTN NU Bangil merupakan lembaga yang bertanggung jawab mempublikasikan kegiatan-kegiatan PCNU Bangil, mulai dari level kepengurusan cabang, lembaga, banom, wmc dan ranting.

Related post